Wednesday, August 28, 2013

Membuat Taman Minimalis Gaya Jepang

Saat ini kita sering melihat taman dengan berbagai model dan konsep yang menyuguhkan keindahan. Selain sebagai penghijauan yang dapat menyaring udara disekitar rumah kita, taman juga berfungsi sebagai relaksasi dan penangkal stress .

Taman minimalis gaya jepang

Model  taman sangat beragam, dan tentu memiliki konsep yang berbeda satu sama lainya tidak terkecuali taman minimalis gaya jepang. Taman minimalis dengan konsep gaya jepang saat ini sudah sangat diminati oleh masyarakat baik dari asia bahkan sampai eropa dan amerika. dikarenakan taman minimalis bergaya jepang memiliki suasana rileks dan menenangkan.

Taman minimalis gaya Jepang merupakan taman yang dibangun sesuai dengan kebudayaan tradisional jepang. Prinsip dasar desain dari taman ini adalah meminiaturisasi lansekap alam atau mengecilkan pemandangan alam ke dalam sebuah bingkai ruang taman atau kalau menurut bahasa kitanya memindahkan gambar alam ke dalam desain taman yang kecil.

Taman minimalis bergaya jepang  dibuat secara luwes dan asimetris mengikuti kontur alam, tidak mengenal garis lurus dan simetris dan tidak ada titik fokus atau elemen yang dominan dalam tamannya, semua seimbang , rapi dan proporsional. Masalah tempat taman minimalis bergaya jepang ini sangat fleksibel mulai dari halaman luas hotel, Rumah, halaman kecil sampai ruang dalam.

Tips Menciptkan Taman Minimalis gaya Jepang


Untuk membuat  taman minimalis gaya jepang yang indah memang memang susah-susah gampang, dalam membuat taman minimalis gaya jepang yang perlu diperhatikan adalah keteraturan, kerapian dan dibuat senatural mungkin dengan alam. Elemen – elemen taman yang biasanya muncul dalam taman gaya jepang antara lain :

1.Batu

Disusun menyerupai sebuah pegunungan, Pantai atau tebing air terjun. Batu diatur sedemikian rupa seolah seperti bentuk miniatur pegunungan atau pemandangan alam di bumi  dengan memilih batu sesuai ukuran, tekstur dan warna. Material batu ini bisa diperoleh dari pegunungan, pinggir laut atau sungai.

Tak kalah penting adalah adanya material pasir dan kerikil dalam taman yang berfungsi sebagai penyerap air diwaktu hujan agar permukaan taman tidak becek / menggenang.

 2.Air

Melambangkan sumber kehidupan dengan membuat kolam atau sungai kecil sebagai miniatur telaga, miniatur sungai atau air terjun.

 3.Tanaman / Pohon

Tanaman yang sering ditanam antara lain berbagai tanaman Bonsai sebagai minitur pohon, rumput jepang sebagai alas, rumpun bambu – bambuan, perdu atau semak, pohon mapel dengan daun yang berwarna-warni dan bunga kamboja / bunga teratai.

 4.Pagar

Untuk pagar biasanya menggunakan tanaman perdu sebagai pagar hidup dan pagar buatan kayu dan bambu. Pagar berfungsi sebagai pembatas, penghalang pandangan, penghambat suara untuk menjaga ketenangan dan rileks  dalam ruang taman yang merupakan prinsip dasar taman jepang.

 5.Wadah air

Dahulu elemen wadah air yang terbuat dari sebatang bambu ini difungsikan sebagai tempat bersuci dan membasuh kaki sebelum memasuki rumah jepang letaknya berada di luar pojok rumah tradisional Jepang. Tapi karena sering dipakai di taman-taman, akhirnya menjadi perlengkapan standar dalam taman jepang

 6.Lentera

Sebagai penerangan pada malam hari sekaligus sebagai hiasan. Bentuk lentera mengikuti tradisi jepang yang mayoritas beragama shinto / budha. Lentera merupakan tradisi rumah teh di jepang sebagai penerangan pada malam hari. hingga saat ini mode mengantarkan sebagai dekorasi taman jepang.

 7.Jembatan

Elemen jembatan dibangun sebagai penghubung bagian taman yang terpisahkan oleh air sekaligus menambah kesan harmonis pada lansekap taman, seolah – olah ada sungai yang mengalir di bawah jembatan. Jembatan melambangkan perjalanan kehidupan manusia.

Dari beberapa elemen diatas tidak seluruhnya ada dalam satu wadah taman, namun bisa merupakan kombinasi beberapa elemen diantaranya dengan menyesuaikan prinsip dasar taman jepang.

Bagi masyarakat perkotaan seperti di Jakarta yang super sibuk untuk membuat taman minimalis dengan gaya jepang akan sangat merepotkan. Namun anda tidak perlu galau dulu HUBUNGI KAMI Takiviegroup yang hadir untuk mewujudkan impian anda untuk membuat taman minimalis gaya jepang.

0 comments:

Post a Comment